• Beranda
  • Profil Sekolah
    • Sambutan Kepala Sekolah
    • Data Sekolah
    • Visi Dan Misi
    • Daftar Guru dan Pegawai
    • Data Siswa
    • Tata Tertib
    • Ekstrakurikuler
  • PPDB
  • Pengumuman
  • Galeri
No Result
View All Result
SMA Negeri 21 Medan
No Result
View All Result

Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21

administrator by administrator
14/01/2015
in Berita
0

Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.

iklan2-skema1

iklan2-gambar1

iklan2-gambar2

Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.

Perubahan yang Diharapkan

Pengembangan kurikulum­­ 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pa­da kurikulum 2006, bertujuan ju­ga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan meng­omunikasikan (mempresentasikan), apa yang di­ per­oleh atau diketahui setelah siswa menerima materi pembelaj­aran.

iklan2-skema2

Melalui pendekatan itu di­harapkan siswa kita memiliki kom­petensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih ba­ik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kepe­ndidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggam­barkan perubahan yang diharapkan pada masing-masing en­itas.

Sumber

Next Post

Dana Fungsi Pendidikan dari APBN 2015 Diprioritaskan untuk Peningkatan Kualitas Guru

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Posts

Pengumuman

Rapat Kelulusan SMA Negeri 21 Medan TP. 2024/2025

by Admin
05/05/2025
0

Read more

Rapat Kelulusan SMA Negeri 21 Medan TP. 2024/2025

Plt. Kepala SMAN 21 Medan Pimpin Rapat Setelah Libur Cuti Bersama

Daftar Siswa SMA Negeri 21 Medan Lulus SNBP SNPMB

Jadwal Pelaksanaan Ajang Talenta BPTI 2025

Kegiatan Gloria Fest 2025 SMA Negeri 21 Medan

Penutupan Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan

Load More

[mc4wp_form id="274"]


Popular Posts

No Content Available

© 2020 SMA Negeri 21 Medan

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil Sekolah
    • Sambutan Kepala Sekolah
    • Data Sekolah
    • Visi Dan Misi
    • Daftar Guru dan Pegawai
    • Data Siswa
    • Tata Tertib
    • Ekstrakurikuler
  • PPDB
  • Pengumuman
  • Galeri

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.