Logo USAID-IndonesiaProgram USAID PRIORITAS (kerja sama pemerintah AS-Indonesia untuk praktik pendidikan yang baik) mendorong pemerintah daerah yang menjadi mitra untuk dapat melakukan pendistribusian guru agar mutu pendidikan dapat ditingkatkan.

“Pendistribusian guru mendesak dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena pendidikan yang bermutu akan sulit diwujudkan jika banyak sekolah kekurangan guru,” kata Spesialis Pengembangan Sekolah USAID Prioritas di Sumatera Utara, Agus Prayitno, di Medan, Rabu.

Menurut dia, guru itu sangat penting untuk kesuksesan anak dan penting untuk masa depan bangsa, karena itu pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia agar menyediakan pendidikan yang bermutu melalui distribusi guru yang merata.

“Amerika Serikat bangga dapat bermitra dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membantu memastikan semua siswa memiliki akses pendidikan yang berkualitas, karena pendidikan merupakan investasi masa depan yang sangat penting,” katanya.

Senada dengan itu, Direktur Program USAID Prioritas Stuart Weston mengatakan program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) yang mereka implementasikan dan kembangkan berhasil melakukan pemetaan penyebaran guru, mengembangkan solusi kebijakan, serta mendukung penerapannya.

USAID Prioritas bekerja sama dengan Kemdikbud, Kemenag, dan pemerintah kabupaten/kota dalam mengimplementasikan PPG. “Kami menyediakan tenaga ahli dan bekerja sama dengan LPTK untuk membantu kabupaten/kota mitra melakukan penataan dan pemerataan guru,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya siap memberikan dukungan teknis bagi kabupaten/kota mitra yang ingin mengimplementasikan PPG,” katanya. (Ant Sumut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Recent Comments